Misteri dibalik Bendera ISIS

Bendera adalah simbol atau lambang  atau identitas sebuah kesatuan, organisasi, perkumpulan, kelompok, suku, bangsa, negara atau bangsa.

Seorang sejarawan masa Ummayah berkuasa pada abad ke 19, Ahmad Cevdet Pasha, mengungkap rahasia  dibalik sebuah bendera. Bendera mempereat pesatuan bahkan melebihi hubungan pesaudaraan saudara sekandung.

Rahasia menciptakan sebuah bendera adalah untuk mengumpulkan orang di bawah satu bendera untuk menyatukan mereka. Bendera merupakan tanda satu kata dan bukti satu hati dan rajutannya lebih kuat dari ikatan saudara sedarah, sebut Ahmad Cevdet Pasha..

Berkaitan dengan semakin berkibarnya ISIS di seluruh dunia, seperti apakah ISIS sesungguhnya? Kita dapat menelusuri IS melalui aneka cara, salah satu mengenal atau “membaca” tentang benderanya.

Bendera ISIS -selanjutnya ditulis IS- dikenal dalam media barat sebagai the Black Standard atau the Black Banner atau ada juga yang menyebutnya The Eagle.

Berbicara tentang bendera IS sesungguhnya tak lepas dari sejarah masa lampau tentang penggunaan bendera dengan warna dasar hitam yang digunakan pada masa lampau. Salah satunya adalah bendera perang jihad  pada masa nabi Muhammad SAW.

Jika ditarik lebih jauh lagi ke belakang ternyata penggunaan bendera warna dasar hitam juga telah digunakan lebih jauh sebelum masa nabi Muhammad yaitu salah satu kerajaan romawi penah menggunakan bendera berwarna dasar hitam pada  abad Sebelum Masehi.

Kita mulai saja dari masa pembentukan IS secara resmi pada 13 Oktober 2006, ternyata saat diresmikan IS belum punya bendera. Bendera IS baru diperkenalkan pada Januari 2007 oleh salah satu jaringan media sosial IS aitu -al Faj.

Bendera dengan warna dasar hitam bertuliskan lafal “lā ʾilāha ʾillā-llāh ” dan di bawahnya dalam bundaran tak beraturan betuliskan kalimat “Allāh rasūlu muḥammadun” yang bermakna muḥammadur rasūlu-llāh, bermakna nabi Muhammad adalah rasul Allah.

BendeRa Islam

Gambar di atas memperlihatkan bendera IS paling kanan. Pehatikan tulisan arabnya dalam kalimat lā ʾilāha ʾillā-llāh “ sangat bebeda dengan al-qaeda dan taliban.

Meski tulisan arabnya tekesan acak adul, bendera IS diyakini banyak kalangan sangat poweful. Akan tetapi di balik itu juga membuat sejumlah orang tergelitik menganalisa atau mempelajari ada apa di balik tampilan bendera terkesan misterius tapi punya kekuatan dan daya tarik luar biasa.

Misterius karena bentuk tulisan dalam bahasa Arab terkesan “acak adul” tidak mirip tulisan dalam bahasa Arab pada umumnya. Sebuah sumber menrebutkan tulisan pada bendera IS jika dibalikkan berkatagori “gobbledegook.”

Oleh.karenanya menarik minat sejumlah orang melihat the Eagle dari sisi lain yaitu dengan melihat tebalik tulisan pada bendera IS. Hasilnya, memang misterius dan susah diartikan.

Tingkat kesulitan mengungkap makna apa di balik simbol-simbol tulisan huruf Arab pada The Eagle  tergolong tinggi sehingga memancing tanda tanya lebih mendalam untuk menyelaminya. Hal ini diakui banyak kalangan.  “If you look at the flag closely, it’s clearly not Arabic,” sebut Lucy Pawle dai CNN. Sumber : gawker.com

ISIS beda flag

Perhatikan kedua gambar di sebelah ini terlihat sangat kontras tulisan arab antara bendera IS .

Kini bendera IS bergema ke seluruh dunia seakan menenggelamkan identitas dan kejaayan al-Qaeda dan  bendera jihad sebelumnya yang  pernah ada.

Salah satu perbedaan idiologi antara IS dan gerakan Islamis atau jihadis lainnya seperti al-Qaeda adalah  kerakinan sangat kuat sedang hadirnya imam Mahdi saat ini, menjelang hari kiamat tiba. Beberapa pemahaman idiologi IS lainnya adalah :

  • Meski pernah menjadi bagian al-Qaeda tapi dalam hal idiologi keduanya agak berbeda terutama dalam hal supremasi idiologi wahabisme. IS sangat kental pada supremasi idiologi Sunni meskipun antara keduanya sama-sama berlandasakankan jihadisme
  • IS percaya bahwa mereka akan mengalahkan pasukan “Romawi” (Rum) di kota Aleppo sesuai takdir yang telah digariskan.
  • Mengembalikan masa-masa kejayaan awal Islam dan menolak segala bentuk bid’ah, penyesuaian agama Islam yang dianggap menyesatkan tujuan aslinya.
  • Membangkitkan kembali pendirian sistim pemerintahan atau kekhalifahan Wahhabi yang diatur oleh doktrin Salafis yang ketat.
  • Mencap para pengikut hukum sekuler, termasuk pemerintah Arab Saudi, sebagai kaum murtad.
  • Skala prioritas utama pertempuran teletak di negara-negara non-Muslim sebagai bentuk penyucian umat Islam.
  • Penolakan terhadap pemecahan wilayah di Timur Tengah yang dirancang oleh negara-negara Eropa semasa PD-1 hasil konsensus dalam perjanjian Skyes – Picot.
  • Masih dalam pandangan IS tentang perjuangan kelompok Hamas dari Sunni Palestina adalah kafir. Hamas tidak punya kewenangan memimpin jihad. Bahkan perang melawan Hamas adalah langkah awal  menuju pertempuran melawan Israel. Sumber : al-monitor July 29, 2014.

Entah karena pebedaan idiologi atau melenceng dari tujuan mendasar al- Qaeda maka pada 3 Februari 2014 kedua kelompok jihadis itu “becerai” teutama akibat Al-Qaeda menolak peranan al-Nusra di Suriah dianggap tidak mewakili ISIS. Akibatnya, merasa sudah kuat,  IS mendeklarasikan organisasi sendiri.

Sebuah dokumen video yang dipublis oleh independent.co.uk pada 2 Mei 2015, Osama bin Laden OBL penah mengatakan bahwa jihad yang dikumandangkan al-Qaeda bukan untuk membentuk IS.

Mugkinkah karena itu OBL jauh-jauh hari telah menduga arah dan tujuan serta strategi  IS akan berbeda dengan al-Qaeda sehingga mengingatkan kelompoknya agar tidak terpengaruh dengan IS?

Entahlah apa yang dipikirkan OBL saat itu jauh sebelum ia tewas oleh serangan khusus pasukan AS di sudut desa Abottabad, Pakistan pada 2 Mei 2011. Dan yang terjadi setelahnya adalah pernyataan perang al-qaeda terhadap IS diumumkan oleh penggantinya, Ayman al-Wazahri memperlihatkan adanya perbedaan mendasar antara kedu kelompok jihad tersebut.

Melihat aksi IS di sejumlah negara tampaknya dugaan OBL hampir tidak salah seluruhnya. Dari sejumlah pemahaman idiologi disebutkan di atas memperlihatkan sejauh apa IS konsekwen terhadap propagandanya sendiri, sebut saja pada skala prioritas utama pertempuran, meski kita juga tidak sependapat hal itu terjadi pada negara non muslim. berapa banyak aksi IS di negara berpenduduk muslim dengan di negara non muslim?.

Mungkin tak penting melihat kiprah IS dalam petempuran di Irak dan Suriah, jika demikian lihatlah pada apa yang terjadi di Saudi Arabia dan Mesir serta Libia seminggu terakhir ini.

Beberapa hari lalu aksi IS justu terjadi di Taif, 80 kilometer (50 mil) dekat kota Makkah pada 6 Mai 2016 lalu.  Pasukan khusus Saudi Arabia mengepung lokasi persembunyian sejumlah anggota IS dan menewaskan empat DPO paling dicari sejak 2 tahun terakhir.

Sebelumnya,  IS mengaku bertanggung jawab atas terbunuhnya delapan polisi Mesir di Helwan pada Sabtu (7/5/2016). Mereka mengeluarkan pernyataan  bahwa tentara dari kekhalifahan menembak sebuah mobil Van polisi di Helwan dan membunuh polisi kemudian mengambil senjatanya.

Berkaitan dengan aksi di Saudi, lebih mengejutkan adalah temuan intelijen Saudi. Dikutip dari sumber ndtv ke empat anggota IS yang tewas tersebut semua waga Saudi Arabia. Mereka telah melakukan makar di beberapa lokasi di Saudi bahkan beberapa diantaranya  besama sejumlah teduga lainnya dituduh merencakan serangan terhadap Ka’bah di kota Mekkah. Sumber : huffingtonpost 1 Juli 2014.

Sedikit mengherankan, apakah Mesir dan Arab Saudi termasuk negara non Muslim yang menjadi target utama jihad sebagaimana disebutkan dalam propaganda idiologi di atas?

Mungkinkah IS melenceng atau justu al-Qaeda yang sudah “ompong” dengan suara tak lagi nyaring sehingga yang tedengar kini justru suara kepakan sayap IS yang membahana ke seluruh dunia seakan mengirim pesan bahwa IS kini menjadi organisasi teroris global paling berbahaya di dunia?

Melenceng atau tidak lihatlah pada beberapa fakta dan data di atas. Setidaknya IS meninggalkan beberapa pertanyaan beraroma misterius pada sejumlah orang lain di berbagai dunia dalam beberapa hal, yaitu :

  • IS satu organisasi dengan banyak nama sebutan : ISIL-ISIS-IS-Da’isy atau Daesh. Nama teakhi Da’isy atau Daesh  atau ad-Dawlah al-Islāmiyah fī ‘l-ʿIrāq wa-sy-Syām  adalah sebutan oleh penentang IS. Mengapa terlalu banak sebutan nama untuk IS?.
  • Meski banyak sebutan nama tapi IS punya satu bendera dengan tulisan arab ayng tidak beraturan. Mengapa lafal “lā ʾilāha ʾillā-llāh” dan “Allāh rasūlu muḥammadun” tidak ditulis dengan bahasa Arab yang baik dan benar seperti pada bendera jihad sebelumna ang pernah ada?
  • Mengapa IS -dituduh- merencanakan makar terhadap kota Mekkah
  • Mengapa IS Tidak mengakui jihad Hamas Palestina
  • Mengapa IS menolak masuk dalam oganisasi al-Qaeda ang lebih fokus pada jihad melawan kepentingan AS
  • Mengapa tidak pernah terdengar kabar  tertangkapnya anggota IS di Israel apalagi menyerang Israel?
  • Mengapa IS menetapkan Aleppo tempat munculna imam Mahdi
  • Mencap pemerintah Arab Saudi dicap sekuler dan murtad oleh IS
  • Mengapa IS tidak lebih tertarik perang melawan Israel demi membebaskan baitul Maqdis dan Jerussalem,misalna?
  • ISIS tujuan

    Ideologi dan kepercayaan ISIS

    Sumber id.wikipedia.org

Itulah sejumlah pertanyaan umum yang kerap mucul di berbagai kalangan masyarakat dunia dan tidak mungkin menunjukkan siapa yang bertanya sepeti itu satu per satu.

Kembali pada soal bendera IS. jika bendera adalah simbol atau lambang pemersatu dan falsafah atau idiologi sebuah persatuan atau perserikatan, tak salah melihat ada misteri apa di balik bendera IS.

Berikut gambar yang mungkin membuat kita tertarik melihat sisi lain pesan apa yang terlihat pada gambar bendera IS jika dibalikkan. beikut ini :

ISIS aneka  Flag ok

Gambar 1  dan gambar 2 memperlihatkan kalimat  lā ʾilāha ʾillā-llāh versi bendera ISIS jika dibalikkan, kemungkinannya menjadi :

  • Vivi In Vivo. Setelah dipelajari, salah satunya berkaitan dengan percobaan mikrobiologi
  • Nine in one me. atau 9 in 1i  Tidak jelas maksudnya. Mungkin terkait 11 /9red.
  • Nine in Imo. Tidak  jelas maksudnya-red.
  • Nino in Imo . Sebuah kata-kata pemujaan dalam ritual modern yang berlindung di balik tulisan arab. Sumber: m.ok.ru
  • Nine 11 Time atau 9 11 time. Mungkin sebuah proyek besar, IS akan melakukan serangan di Eropa melebihi 11 September di New york.
    • Hans-Georg Maassen, kepala Intelijen Jeman , Germany’s domestic intelligence agency (BfV) mendapat infomasi akurat bahwa sejumlah anggota IS ternyata diselundupkan dalam arus pengungsi timur tengah menuju penjuru Eropa. Sumber : dailystormer.
  • Nino is Timo atau Nino de Timo, berkaitan dengan ilmu pengetahuan tentang masalah bakteri yang menyerang paru-paru manusia.
  • Timo. Nama panggilan untuk bayi laki dan perempuan di Spanyol
  • Nino. Panggilan untuk anak laki-laki di Filipina, Georgia dan Spanol.Dalam bahasa Slavia dan Spanyol. Nina –dalam bahasa Spanol- panggilan untuk anak perempuan.
  • Imo.
    • Nama sebuah desa di pedalaman Nigeria, dikuasai oleh Boko Haram yang berafiliasi dengan IS.
    • Imo adalah sebuah akronim dari “in my opinion atau International Maritime Organization dan lain-lain. ISIS juga punya sejumlah kapal aneka jenis yang tedaftar di IMO.
  • Imp adalah salah satu Mitologi terkenal di  Eopa pada abad ke XVI tentang setan kecil penyihir.
    • Dalam kaitan jurnalistis,  IMP dimaksudkan sebagai In m opinion..

Pemain kunci dalam stuktu IS “menjual” dengan cara apapun tentang kehebatan dan keunggulan IS sampai menghalalkan segala cara bertabur dalil-dalil berlandaskan agama. Akibatnya justu menimbulkan petanyaan dan memancing dugaan ada sesuatu yang misterius di dalam IS.Sayangnya hal itu tidak membuat calon anggota baru menjadi kurang perhatiannya pada IS.

Siapa sajakah pemain kunci dalam kelompok hirarki tetinggi IS? rekan pembaca budiman tentu lebih mengetahuina bukan?

Melalui pemecahan misteri dalam bendera IS  tidak lantas dituding sebagai penghayal yang menganut konsep free manson atau penganut teori iluminasi bahkan dituding anti semitisme. Lebih dikhawatirkan lagi jika di cap sekuler!!

salam AGI

Iklan

Terimakasih berkenan memberi komentar Anda

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s