Rudal Paling Mematikan Dunia Saat Ini, Belajar Dari Fat Man dan Little Boy

Masih dalam kaitan peringatan 70 tahun berakhirnya perang dunia (PD) ke dua pada 9 Agustus  1945 ditandai dengan beraksinya senjata nuklir (bom atom) “Little Boy” dan “Fat Man” yang memiliki daya ledak 15  dan 21 kiloton (21 ribu ton) TNT memberi pesan dan fakta bahwa senjata nuklir pada masa itu mempunyai daya rusak yang tinggi, mampu mengancurkan  hampir setengah kota Nagasaki dan Hiroshima.

Meski waktu terus berjalan tapi tidak memupus kesalahan manusia dalam penggunaan senjata nuklir pemusnah massal. Bahkan senjata nuklir kini menjadi andalan utama dan melekat status gengsi negara-negara maju dalam dunia militer. Salah satu senjata nuklir andalan saat ini adalah Rudal antar benua atau Intercontinetal Ballistic Missiles (ICBM). Senjata ini akan salah satu andalan utama perang masa kini ketika jumlah prajurit (tentara) tidak menentukan lagi faktor utama unggulan.

Perang masa kini (dan masa depan) sangat tergantung pada penguasaan informasi, cyber dan angkasa. Perang untuk menguasai angkasa atau Bharata Yuddha kini semakin canggih dengan teknologi mumpuni dan luar biasa. Perang angkasa selain melibatkan aneka jenis dan bentuk pesawat tempur juga yang terpenting adalah peranan misil atau rudal antar benua.

Sejumah negara kuat dunia memiliki senjata pemusnah massal dan menjadi andalan utama mereka. Saat ini terdapat sedikitnya lima jenis ICBM yang sangat menggentarkan dunia, yaitu :

  • UGM-133 Triden II atau disebut dalam istilah NATO Trident D-5. Misil maut ini mempunyai keunggulan utama sebagai berikut :
    • Jangkuan jelajah 11.000 Km (6.835 mil)
    • Kecepatan 20.825 Km/ jam (12.940 Mph)
    • Jangkauan per detik 5,78 Km (3,59 Mps)
    • Kecepatan suara setara dengan 17 Mach. Jika rudal ini dilepas dari pangkalan militer di Florida ke Moscow Rusia sejauh 8896 Km ia akan mencapai sasarannya dalam waktu kurang dari sekitar 29 menit. Sementara jika dilepas ke arah RRC waktu tempuhnya hanya 30 menit bisa mencapai Beijing.
  • R-29RMU Sineva atau dalam istilah NATO disebut RSM-54 adalah setan bongsor milik Rusia. Rudal ini memiliki kemampuan sebagai berikut :
    • Jangkuan jelajah 11.500 Km (7.416 mil)
    • Kecepatan 27.396 Km/ jam (17.023 Mph)
    • Jangkauan per detik 7,61 Km (4,72 Mps)
    • Kecepatan suara setara dengan 22 Mach. Jika rudal ini dilepas dari  Uzhur pangkalan  militer Divisi ke 62 Rusia ke arah AS sejauh 8896 Km ia akan mencapai sasarannya dalam waktu kurang dari 25 menit untuk tiba di bagian tengah AS tersebut.
  •  Dongfeng-41 atau DF-41, CS-X-10 mili RRC ini mempunyai kemampuan lebih mengerikan sebagai berikut :
    1. Jangkuan jelajah 14.000 Km (9.320 mil)
    2. Kecepatan 29.400 Km/ jam (18.628 Mph)
    3. Jangkauan per detik 8,16Km (5,07 Mps)
    4. Kecepatan suara setara 24 Mach
      • Jika rudal ini dilepas dari bungkernya di pangkalan RRC ke arah AS sejauh 7.245 Km ia akan mencapai sasarannya dalam waktu kurang dari 25 menit.
  • R-36M  atau dalam istelah NATO ditandai dengan R-18-88 Satan  punya keunggulan tak kalah mengerikan yaitu :
    • Jangkuan jelajah 16.000 Km (9.942 mil)
    • Kecepatan 28.728 Km/ jam (17.850 Mph)
    • Jangkauan per detik 7,98 Km (4,95 Mps)
    • Kecepatan suara setara 23 Mach. Hanya memerlukan waktu tak sampai 25 menit mencapai sasaran bagian tengah wilayah AS.
  • Dongfeng 5A atau DF 5A milik pertahanan RRC mempunyai kemampuan sebagai berikut :
    • Jangkuan jelajah 13.000 Km (6.835 mil)
    • Kecepatan 26.950 Km/ jam (16.745 Mph)
    • Jangkauan per detik 7,48 Km (4,65 Mps)
    • Kecepatan suara 22 Mach. Hanya memerlukan waktu tak sampai 25 menit mencapai sasaran bagian tengah wilayah AS.

Masing-masing Rudal antar benua di atas memuat daya nuklir yang mengerikan yaitu 5 sampai 6 hulu ledak Multiple Independent Re-entry Vehicles (MIRV) dengan kekuatan masing-masing  hulu ledak bermuatan 550 hingga 800 kiloton kiloton

Dari informasi dasar di atas, beberapa hal penting yang perlu diketahui adalah :

  1. Perkembangan rudal antar benua telah demikian pesatnya dengan kemampuan jelajah dan daya hancurnya yang lebih luar biasa. Jika dibandingkan dengan rudal balistik pertama dunia  (diluncurkan pertama sekali pada perang dunia ke 2) yaitu roket V-2 milik Nazi Jerman yang dugunakan untuk meledakkan Paris pada 6 September 1955, rudal modern sekarang telah mempunyai kemampuan aneka dimensi yang sangat pesat.
  2. Negara maju dan modern dalam bidang pertahanan telah meningkatkan anggaran pertahanan pertahanan mereka untuk meningkatkan teknologi senjata mereka untuk menambah daya gempur dan pertahanan mereka selain untuk memberi rasa aman pada negara mereka dari ancaman negara lain.
  3. Dari ke lima rudal paling mematikan di atas terlihat kemampuan jelajah masing-masing rudal semakin pesat. Tak kurang dari 30 menit untuk menimbulkan bencana alam di sebuah negara yang dituju rudal tersebut jika berhasil meledakkan dirinya di daratan sebuah negara yang menjadi sasaran rudal maut tersebut.
  4. Dampak kerusakan yang diakibatkan oleh bom atom yang mengandung 15-21 kiloton TNI saja demikian besar hebatnya, apalagi dampak kerusakan yang diakibatkan oleh ICBM. Sebut saja R-18-88 Satan yang menyandang 800 kiloton TNT. Bandingkan dengan Little Boy atau Fatman yang bermuatan 15 -21 kilo ton TNT, dampaknya adalah 40 kali lipat dampak kehancuran yang akan terjadi akibat ulah si Setan Bongsor milik Rusia tersebut jika ia meledak di atas permukaan tanah.

Senjata nuklir mirip “Setan Bongsor” berhulu ledak nuklir itu hanya memerlukan waktu kurang dari 30 untuk menciptakan kehancuran di atas muka bumi jika ia berhasil mendarat di sebuah daratan (permukaan) tanah.

Apa dan bagaimana jadinya jika antar negara yang memiliki persenjataan maut tersebut saling membalas rudal masing-masing selusin untuk saling memusnahkan?

Jawabannya adalah jangan sampai pernah terjadi. Cukuplah Little Boy dan Fat Man memberi peringatan pada ummat manusia bahwa kesalahan masa lalunya belum pupus dalam ingatan meski aksinya telah berlalu 70 tahun yang silam.

Senjata nuklir boleh buat gagah-gagahan atau adu gengsi. Akan tetapi apa jadinya jika kemudian lepas kontrol dan menyalak lalu membuat kita tertidur pulas selamanya?

Salam abanggeutanyo

Sumber :

http://in.rbth.com/blogs/2014/05/23/satan_scare_why_the_us_is_going_ballistic_over_a_russian_missile_35461.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Fat_Man

Sumber gambar : economist.com

Iklan

Terimakasih berkenan memberi komentar Anda

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s