LPG 3 Kg Lenyap di Pasar, Ini Sebabnya

Teringat pada sebuah tulisan saya tahun 2010 yang berjudu “Si pembunuh mengintai kita” saat itu menghabiskan 27 juta kg gas dalam sehari. Tulisan the-killer-master-mengintai-kita pada 16 Juni 2010 lalu itu membuat saya ingin melihat apa sebab LPG 3 Kg sekarang langka dan harganya melewati batasan yang ditetapkan pemerintah Rp.16.000 per tabung 3Kg.

Harganya si melon kg per hari ini  -saat tulisan ini dibuat- di beberapa tempat mencapai Rp.25.000 – Rp.30.000, artinya harga per Kg nya mencapai Rp.7500 – Rp.10.000. Sesuatu yang sangat fantastis dan hampir mendekati harga jual di negara modern lainnya, padahal negara negara maju dan berkembang lainnya punya income perkapita rata-rata per bulan yang jauh lebih tinggi dari income perkapita rata-rata paling rendah di tanah air yang hanya Rp.2,4 juta per bulannya.

Bandingkan dengan income per kapita rata-rata terendah di sejumlah negara pada link ini :http://uswww.rediff.com/business/slide-show/slide-show-1-countries

Dari wikipedia, kita bisa juga melihat posisi ranking Purchasing Power Parities (PPP) per tahun yang dapat dijadikan acuan sebagai income rata-rata per bulan (bagi 12) berdasarkan data kalkulasi 2012, pada gambar tabel sebelah ini

Kini sang legenda ” LPG 3 Kg” kembali membuat gemetaran pemakainya, bukan karena harganya yang katanya murah dan besubsidi  lalu tiba tiba menjadi mahal dan sangat langka.

Banyak sumber penyebab langkanya Migas terutama LPG 3 Kg saat ini, beberapa diantaranya adalah sebagai  berikut .

1. Untuk petasan tahun baru

2. Untuk pengganti bahan bakar motor

3. Untuk Bom Murah

4. Untuk pengganti peluru pelontar granat

5. Bahan bakar mesin pompa air dan motor air

6. Kendaraan “Pembuang” LPG 3 Kg

Sumber : http://batam.tribunnews.com/2014/09/03/pick-up-lpg-terbalik-ratusan-tabungan-gas-tutupi-jalan-sei-temiang-batam

Tentu saja diantara sejumlah gambar di atas BUKAN penyebab langkanya LPG kemasan 3 Kg hampir di seluruh tanah air. Gambar di atas meski memang ada yang serius dan ada yang humor hanyalah ekspresi kekecewaan sejumlah warga yang menumpahkannya lewat gambar-gambar gokil.

Penyebab langka LPG 3 Kg  dalam konteks MIGAS,  secara realistis juga sangat relatif, akan tetapi beberapa hal yang mendekati salah satu sebab paling besar adalah Mafia Migas yang selama ini berkuasa dan berdarah daging menghisap MIGAS untuk memperkaya kroninya kini mulai goyah. Dan siklus impor terganggu karena agen (Pertral) kurang bergairah baik karena harga Migas dunia sedang turun, juga karena sedang dalam sorotan pemerintah Jokowi untuk di usut dan dirombak sturktur organisasinya.

Skema cara kerja mafia migas dapat dilihat dalam siklus gambar berikut ini :

Mafia Migas

Iklan

Terimakasih berkenan memberi komentar Anda

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s